Contoh Skripsi Economic Development:Pengaruh BMT Pradesa Mitra Mandiri Terhadap Peningkatan Ekonomi Masyarakat

BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Keinginan manusia dalam hal kesejahteraan ekonomi adalah sebagaimana diakui dalam islam yaitu memberikan hak-hak yang pasti kepada manusia dan menyediakannya sebagai tata-tertib sosial yang menjamin kesejahteraan sosial bersama dan menghapus kemiskinan. Kondisi perekonomian yang terpuruk akhirakhir ini sudah mengarah pada kondisi yang semakin tidak menentu. Pertumbuhan ekonomi yang digunakan pada masa lalu justru menciptakan kesenjangan sosial yang cukup mencolok antara golongan kaya dan miskin, menurut M. Nejatullah (dalam eka :2010).

Pengembangan usaha kecil dan menengah merupakan bagian dari upaya memperkokoh struktur penggerak perekonomian nasional yang selama ini lebih menekankan pertumbuhan daripada pemerataan telah melahirkan struktur masyarakat minoritas kelas atas yang menguasai sebagian besar aset negara, sementara masyarakat mayoritas kelas menengah kebawah hanya mendapat sebagian kecil (Eka 2010:8).
Baitul Maal Wa Tamwil hadir memberikan solusi bagi kesenjangan diatas, yaitu dengan memberi bantuan dalam bentuk permodalan dengan sistem bagi hasil guna menambah modal dan demi peningkatan usaha yang sekaligus meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat tersebut.
Pada tahun 1992 lahirlah sebuah lembaga keuangan kecil yang beroperasi dengan menggunakan gabungan konsep Baitul Maal dan Baitul Tamwil, yang bergerak pada sektor usaha mikro. Lembaga tersebut “memberanikan diri” dengan memberi nama Baitul Mal wa Tamwil yang disingkat BMT. Dengan semakin banyaknya orang-orang yang memiliki perhatian kepada lembaga kecil ini, tetapi juga dibutuhkan adanya perantara untuk terjalin komunikassi dan jaringan antar BMT ataupun penghubung BMT kepada lembaga ekonomi milik pemerintah maupun swasta. Untuk menumbuhkan dan mengembangkan BMT dimasa depan, maka berdiri pula lembaga Pembina BMT yang berupa Lembaga Pengembangan Swadaya Masyarakat (LPSM), ada juga yang bernama Pusat Pengkajian dan Pengembangan Usaha kecil (P3UK) atau Pusat Inkubasi Bisnis Usaha Kecil (PINBUK) (Jamal 2009:7).

Baitul Mal wa Tamwil merupakan lembaga ekonomi atau lembaga keuangan syariah nonperbankan yang sifatnya informal. Disebut bersifat informal karena lembaga keuangan ini didirikan oleh Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) merupakan hasil prakarsa dari Pusat Inkubasi Bisnis Usaha Kecil dan Menengah (PINBUK) yang merupakan badan pekerja yang dibentuk oleh Yayasan Inkubasi Usaha Kecil dan Menengah (YINBUK), (Andri 2010:451).

Contoh Skripsi Economic Development:Pengaruh BMT Pradesa Mitra Mandiri Terhadap Peningkatan Ekonomi Masyarakat
Downloads  Versi PDF >>>>>>>Klik Disini 

Bab I
Downloads
Bab II
 Downloads 
 Bab  III - V
 Downloads 
Daftar Pustaka
 Downloads 
Lampiran
Downloads 

Artikel terkait skripsi diantaranya : contoh proposal penelitian kualitatif, contoh proposal penelitian kuantitatif,contoh judul skripsi, contoh skripsi,contoh proposal,download skripsi, proposal skripsi, Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh makalah,proposal penelitian, karya tulis, judul seminar akuntansi, proposal tentang, beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir jurusan akuntansi.