Latest News

property syariah

property syariah

Contoh Skripsi Chemical Engineering:Ekstraksi Minyak dari Biji Kurma (Phoenix dactylifera L.) dengan Metode Soxhlet Extraction dengan Menggunakan Etil Asetat


BAB I
 PENDAHULUAN
1.1 LATAR BELAKANG
Kurma (Phoenix dactylifera L.) telah menjadi sebuah jenis buah yang penting di beberapa negara sebagai sebuah sumber nutrisi dan ekonomi. Kurma mengandung 73-79% karbohidrat, 14-18% total serat diet, 2,5% abu, 2,1-3,0% protein, tergantung dari jenis kurma [1]. Kandungan buah dan biji kurma dapat dilihat pada Tabel 1.1.
Asam lemak yang terdapat di dalam daging dan biji kurma adalah asam lemak jenuh dan tak jenuh. Pada biji kurma mengandung 14 tipe asam lemak, akan tetapi hanya 8 dari 14 asam lemak yang terdapat di dalam daging buah. Asam lemak tak jenuh meliputi asam palmitat, asam oleat, dan asam linoleat [3]. Pada minyak biji kurma yang diekstraksi dengan metode Soxhlet Extraction mengandung komposisi asam lemak yang dapat dilihat pada Tabel 1.2 berikut.

Tabel 1.2 Komposisi Asam Lemak pada Minyak Biji Kurma [4] Komposisi Saturasi Berat (%) Asam Kaprilik C8:0 0, Asam Kaprat C10:0 0, Asam Laurat C12:0 11,  Tabel 1.2 Komposisi Asam Lemak pada Minyak Biji Kurma Lanjutan...... [4] Komposisi Saturasi Berat (%) Asam Tridekanoik C13:0 0, Asam Miristat C14:0 11, Asam Pentadekenoik C15:0 0, Asam Palmitat C16:0 13, Asam Heptadekanoik C17:0 0, Asam Oleat C18:1 51, Asam Stearat C18:0 6, Berat rata-rata per buah kurma adalah 2 sampai 60 gram, sedangkan berat rata-rata biji kurma adalah 0,5 gram sampai 4 gram [5].

Biji berperan sebagai bagian yang penting dari tumbuhan dalam menghasilkan generasi tumbuhan baru. Normalnya, biji mengandung protein, karbohidrat, dan lipid; yang mana berupa wax, lemak atau minyak. Di antara tiga komponen tersebut, kandungan minyak adalah yang terpenting untuk perkecambahan biji sebagai penyuplai energi yang dibutuhkan untuk proses perkecambahan dibandingkan protein dan karbohidrat [1]. Biji kurma adalah suatu limbah yang dihasilkan dari banyak komoditi industri. Umumnya, biji kurma dijadikan pakan ternak yang diolah secara tradisional yang mudah untuk dilakukan. Dengan perkembangan teknologi, minyak biji kurma telah digunakan sebagai bahan pengganti dari minyak nabati dalam pembuatan krem badan, shampo, dan sabun [5]. Biji kurma berpotensi sebagai edible oil [6].

Contoh Skripsi Chemical Engineering:Ekstraksi Minyak dari Biji Kurma (Phoenix dactylifera L.) dengan Metode Soxhlet Extraction dengan Menggunakan Etil Asetat
Downloads  Versi PDF >>>>>>>Klik Disini 

Bab I
Downloads
Bab II
 Downloads 
 Bab  III - V
 Downloads 
Daftar Pustaka
 Downloads 
Lampiran
Downloads 

Artikel terkait skripsi diantaranya : contoh proposal penelitian kualitatif, contoh proposal penelitian kuantitatif,contoh judul skripsi, contoh skripsi,contoh proposal,download skripsi, proposal skripsi, Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh makalah,proposal penelitian, karya tulis, judul seminar akuntansi, proposal tentang, beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir jurusan akuntansi.